Tuesday, 14 October 2014

Book With Twisted Plot

Pada suatu hari, hiduplah seorang gadis yang senang memakai kerudung merah hingga ia dipanggil dengan sebutan  "Si Kerudung Merah." Si Kerudung Merah memiliki seorang nenek yang tinggal di dalam hutan. Setiap hari, ia mengantarkan makanan yang dibuat oleh Ibunya bersama dengan buah berry yang ia petik sepanjang jalan untuk diberikan kepada neneknya. Suatu hari datanglah serigala bertaring tajam yang hendak memangsanya. Bersembunyi di balik pohon. Hap! Dimakanlah Si Kerudung Merah.

Saya hidup dan besar dengan dongeng di atas. Ya, dengan beberapa dongeng internasional lainnya seperti Cinderella, Little Mermaid, Sleeping Beauty, dan Snow White. Hampir semua dongeng mainstream.

Dongeng yang sederhana dan menenangkan untuk diceritakan sebelum anak kecil tidur.

Sampai akhirnya saya tumbuh dewasa dan membaca buku dengan sudut pandang yang berbeda. Cerita dengan twisted plot yang terus membuat saya ingat tentang buku itu.

Si Kerudung Merah tidak lagi diceritakan sebagai anak kecil yang lucu dan lugu tetapi wanita yang menggoda serigala.

Dahulu, diceritakan seorang gadis yang sering memakai kerudung merah sehingga ia dipanggil dengan sebutan Si Kerudung Merah. Suatu hari, Si Kerudung Merah sedang berjalan melintasi hutan dan ia melihat seekor serigala. Ketika ia melihat ke dalam mata serigala, ia melihat seuatu yang tidak biasa dan merasa jatuh cinta padanya. Si Kerudung Merah berlari mengejar serigala yang lari ketakutan hingga akhirnya serigala menyerah dan berbalik. Serigala melihat ke dalam mata Si Kerudung Merah terjadilah hal tersebut. Mereka memiliki anak setengah serigala.

Atau cerita Snow White yang diceritakan ulang seperti berikut:

Pada zaman dahulu, hiduplah seorang putri yang putih bersinar sehingga ia dipanggil dengan sebutan Snow White. Snow White hidup dengan tujuh kurcaci yang membencinya karena Snow White tidak lebih dari seorang wanita gendut yang terus menerus ingin makan dan marah ketika kurcaci terlambat memberikan makanan. Sikap buruk Snow White membuat para kurcaci tidak merasa nyaman dan timbul ide untuk meracuninya agar sang Pangeran segera datang dan membawa Snow White pergi. Sebuah apel diracuni dan dimakan oleh Snow White. Kemudian ia jatuh pingsan. Tiba-tiba, datanglah seorang pangeran berkuda dan mencium Snow White. Alih-alih bahagia, setelah bangun dari tidurnya, Snow White marah kepada Pangeran. Bukannya menikahi Snow White, sang Pangeran pun segera menunggangi kuda dan pergi meninggalkannya.


Entah mengapa saya suka dengan cara penulisnya menceritakan kembali cerita dongeng lama dengan plot dan karakter tokoh yang berbeda. It sticks on my mind like you! (Jarang-jarang saya bisa ingat detail cerita setelah selesai membaca buku dalam kurun waktu yang agak lama). 

Dua cerita di atas hanyalah dua bagian dari keseluruhan cerita fantasi yang menarik dari buku berjudul "The Book of Lost Things" karangan John Connolly. Ceritanya memang bukan untuk anak-anak karena agak suram. Tidak membahagiakan atau menenangkan. Tetapi tetap cocok untuk bacaan sebelum tidur, untuk dewasa.




Sumber: mahatau Google

8 comments:

  1. sering banget lihat buku ini, tapi ngga pernah baca.. :D aaaa jadi pengen baca jugaaa xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 2 niw, buku kaya gini. yang background nya item itu "The Thirteenth Tale" sama ini. Yang 13th tale gw biasa aja. Yang ini sukaaaaak!

      Delete
  2. Temenku juga pernah cerita ttg ini, jadi pengen baca juga. Mermaid dibahas nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mermaid nggak dibahas sih, tapi Hans and Gretel ada dan dibikin beda juga

      Delete
  3. waduh tu buku ye..
    sepertinya agak mengerikan jika dibaca sama anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang bukan buat anak-anak. itu kayanya disesuaikan sama umur.

      Delete
  4. yang aku baca sih, katanya memang beberapa dongeng aslinya punya ending yang disturbing.... mungkin fairytale yang kita kenal sekarang itu versi adaptasi buat diceritain ke anak anak, dan akhirnya karena turun temurun jadinya versi aslinya terlupakan. mungkin ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang aslinya punya ending yang buruk atau kejam atau pernah denger Brother Grimms? Katanya, fairy tale yang diceritain ulang sama mereka jadi lebih cruel. Aku pernah bahas buat paper jaman kuliah, tapi lupa fairytale yang mana

      Delete