Tuesday, 23 December 2014

Naniura, Sashimi ala Indonesia

Di masa kini, saat seluruh budaya --termasuk makanan-- sudah mengalami penetrasi yang luar biasa, di kala Indonesia akan segera menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), saya yakin sekali bahwa pembaca yang budiman mengetahui apa itu sashimi.

Sashimi adalah makanan Jepang berupa makanan laut dengan kesegaran prima yang langsung dimakan dalam keadaan mentah bersama penyedap seperti kecap asin, parutan jahe, dan wasabi.

Paham ya, sashimi itu apa. Nih, fotonya.

Salmon Sashimi -- favorit saya
Ternyata, bukan hanya Jepang yang punya makanan dengan metode seperti ini -- makanan mentah yang dimakan dengan condiment tertentu. Indonesia juga punya! Namanya naniura, masakan  tradisional khas Batak.

Naniura ini pada dasarnya hampir sama dengan sashimi. Bahannya terdiri dari ikan mentah (biasanya ikan mas) tanpa dimasak, hanya dilumuri bumbu-bumbu tertentu dan didiamkan selama beberapa jam. And voila! Naniura siap dimakan.

Berikut bahan-bahan naniura yang saya dapatkan dari link ini

Bumbu Naniura dari blog ini
Banyak ya? Iya, memang masakan Indonesia juara deh bumbunya! Setuju kan?

Kira-kira jadinya seperti apa? Ini nih.... Awas ngiler ya
Naniura dari blog ini


Rasanya seger, asem, pedes, ada rasa khas andaliman sama kecombrangnya. Yang jelas, rasanya tegas karena banyak banget bumbunya. Ikannya juga nggak terasa amis. Saya berusaha keras nih supaya nggak ngiler hehe...

Merasa keren karena doyan salmon sashimi? Yuk, coba sashimi negeri sendiri!

2 comments: