Thursday, 25 September 2014

Aku (Bukan) Anak Pramuka

Saya mau melakukan pengakuan dosa nih. Saya nggak pernah ikut Pramuka. Iya, nggak pernah. Nggak pernah menekuni sampai ke tingkat tertentu. Kebetulan dari jaman SD sampai SMP, saya sekolah di sekolah swasta dan happily mereka nggak segitunya fokus sama Pramuka. Jadi, sekedar ada saja.

Sekedar ke Cibubur untuk kegiatan Pramuka, ya pernah. Persami? Belum
Sekedar tau semafor, ya tau. Simpul juga (pernah) tau. Tepuk Pramuka apa lagi.
Pernah punya tongkat yang tingginya melebihi saya jaman SD-SMP juga (entah udah kemana itu tongkat, mungkin udah jadi penyangga buat ngecor rumah :D)

Jaman SMP, semua murid kelas I wajib ikut Pramuka. Berdiri apel jam 12 siang setiap hari Sabtu. Bayangin, dijemur panas-panas . Itu aja sih yang saya inget, nggak inget ada pengalaman oke waktu itu.

Ngomong-ngomong tentang Pramuka ya, sebenernya sih saya agak bingung apa poin dari kegiatan Pramuka selain cari jodoh (yakali ada yang dapet jodoh dari Pramuka. Ngelantur kejauhan). Belajar survival di alam gitu ya? Atau itu tahapan awal menuju anak pecinta alam? Biar bisa bangun tenda di alam terbuka, jadi pemanjat gunung, atau sekedar meningkatkan rasa keberanian terutama pas jurit malam.

Di kota besar ini, saya jarang melihat fungsi dari orang-orang yang ikut Pramuka. Tapi kalau ke daerah, saya sering melihat orang berbaju Pramuka yang membantu mengatur lalu lintas atau membantu orang menyeberang.

Entah mengapa, Pramuka di daerah semacam lebih berfungsi dan berfaedah. Sebenernya sih berfungsi aja kali ya, cuma nggak ada aja orang di kota besar yang sengaja mengenakan pakaian Pramuka di jalan dan membantu sesama.

Yah, balik lagi, apapun itu yang diikuti atau dipelajari pasti ada faedahnya ya, meskipun hanya sekedar tahu.

Ngomongin Pramuka jadi inget simpul, terus inget video klip yang dikasih teman arisan blogger  Amelia. Duet Ylvis berjudul Trucker's Hitch ini menceritakan bahwa mereka bisa semua simpul kecuali satu yang paling sulit, yaitu Trucker's Hitch. Baca komentar di bawah, ada anak yang jadi bisa bikin simpul ini karena nonton video klip Ylvis. Lucu ya?




*)Saya siap menjadi orang dengan posting paling buruk tentang tema ini. Emang nggak punya pengalaman tentang Pramuka, aku kudu piye? :'(

8 comments:

  1. oalaah yang nyanyi ylvis juga, kirain cuma ikut ikutan what does the fox says

    ReplyDelete
  2. kocak ni lagunya ya, better than most love songs hahaha. beberapa minggu lalu ada di 9gag lho

    ReplyDelete
  3. eeh yang ngatur2 jalan PKS= Petugas Ketertiban Sekolah coong. Bukan Pramuka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok yang pake baju Pramuka. serius dah, lengkap ama topi dan dasi.

      Delete
  4. bah, itu berarti sekolahannya kagak punya PKS, hahahahha.
    oiii, videonya gabisa dibuka...*kagak ada akses

    ReplyDelete